PENGERTIAN
Game berasal dari bahasa Ingris yang
berarti permainan. Menurut Greg Costikyan (2013, hal. 20), game adalah sebentuk karya seni di mana
peserta, yang disebut pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumber daya
yang dimilikinya melalui benda di dalam game
demi mencapai tujuan.
Joan Freeman dan Utami munandar
(dalam Andang Ismail, 2009: 27) mendefinisikan permainan sebagai suatu
aktifitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik,
intelektual, sosial, moral, dan emosional.
Berdasarkan uraian di atas maka
dapat disimpulkan bahwa Game ataupun
permainan adalah sebuah aktifitas yang dilakukan satu atau lebih pemain dengan
aturan tertentu sehingga ada yang menang dan kalah dengan tujuan
bersenang-senang, mengisi waktu luang atau refreshing.
Game dimainkan terutama untuk
hiburan, kesenangan, tetapi dapat juga berfungsi sebagai sarana latihan,
pendidik
an dan simulasi. game dapat mengasah kecerdasan dan keterampilan otak dalam mengatasi konflik atau permasalahan buatan yang ada dalam permainan. Pemain dihadapkan dengan sistem dan konflik buatan. Konflik atau masalah dalam setiap game berbeda-beda. Konflik dalam setiap game menuntut pemain untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan melatih otak untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat.
an dan simulasi. game dapat mengasah kecerdasan dan keterampilan otak dalam mengatasi konflik atau permasalahan buatan yang ada dalam permainan. Pemain dihadapkan dengan sistem dan konflik buatan. Konflik atau masalah dalam setiap game berbeda-beda. Konflik dalam setiap game menuntut pemain untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan melatih otak untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat.
Game juga dapat merugikan karena apabila terlalu sering bermain game maka pemain akan lupa waktu melakukan pekerjaan lainnya, sehingga
membuat pekerjaan lain menjadi tertunda.
Kata
edukasi berasal dari bahasa Inggris yaitu education
yang berarti pendidikan. Menurut Marc Prensky (2012, hal. 90), game edukasi adalah game yang didesain untuk belajar, tapi tetap bisa menawarkan
bermain dan bersenang-senang. Game
edukasi adalah gabungan dari konten edukasi, prinsip pembelajaran, dan game komputer.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan game edukasi merupakan salah satu jenis game yang tidak hanya bersifat menghibur
tetapi didalamnya mengandung pengetahuan yang disampaikan kepada penggunanya.
Game edukasi dapat digunakan sebagai salah satu media pendidikan yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Game jenis ini biasa digunakan untuk
mengajak penggunanya belajar sambil bermain. Melalui proses belajar ini maka
penggunanya dapat memperoleh ilmu pengetahuan, sehingga game edukasi merupakan terobosan baru yang digunakan dalam dunia
pendidikan. Selain dikarenakan game
jenis ini memadukan antara sisi belajar dan bermain, game jenis ini juga dapat digunakan untuk menarik perhatian
anak-anak untuk belajar.
ELEMENT GAME
Menurut Teresa
Dillon (techforedu.org,2012) komponen
dasar sebuah game adalah sebagai berikut:
- Plot
Plot biasanya berisi informasi tentang hal-hal yang akan dilakukan player dalam game dan secara detail, perintah tentang hal yang harus dicapai dalam game. - Thema
Di dalam biasanya ada pesan moral yang akan disampaikan karakter atau pemain sebagai karakter utama maupun karakter yang lain yang memiliki ciri dan sifat tertentu. - User Interface
Merupakan fitur-fitur yang mengkomunikasikan user dengan game. Interface merupakan semua tampilan yang ada di dalam suatu game, sebuah interface yang baik adalah interface yang tidak membosankan dan memudahkan pemain game. - Aturan / Rules
Game rule merupakan aturan perintah, cara menjalankan, fungsi objek dan karakter di dunia permainan ( Dunia Game ) bisa berupa pulau, dunia, khayal, dan tempat-tempat lain yang sejenis yang dipakai sebagai setting tempat dalam permainan game. - Animasi
Animasi ini selalu melekat pada dunia game, khususnya untuk gerakan karakter-karakter yang ada dalam game, properti dari objek. - Objek
Merupakan sebuah hal yang penting dan biasanya digunakan pemain untuk memecahkan masalah, adakalanya pemain harus punya keahlian dan pengetahuan untuk bisa memainkanya. - Text, Grafik, Sound
Game biasanya merupakan kombinasi dari media teks, grafik maupun suara, walaupun tidak harus semuanya ada dalam permainan game.
- AksiGenre ini merupakan macam game yang paling popular. Game jenis ini membutuhkan kemampuan refleks pemain. Salah satu subgenre action yang popular adalah First Person Shooter (FPS). Pada game FPS diperlukan kecepatan berpikir. Game ini dibuat seolah-olah pemain yang berada dalam suasana tersebut.
- Aksi Petualangan
Genre ini memadukan game play aksi dan petualangan. Contohnya pemain diajak untuk menelusuri gua bawah tanah sambil mengalahkan musuh, dan mencari artefak kuno, atau menyeberangi sungai . - Simulasi, Konstruksi dan Manajemen
Pemain dalam game ini diberi keleluasaan untuk membangun dan suatu proyek tertentu dengan bahan baku yang terbatas. - Role Playing Games
(RPG)
Dalam RPG pemain dapat memilih satu karakter untuk dimainkan. Seiring dengan naiknya level game, karakter tersebut dapat berubah, bertambah kemampuannya, bertambah senjatanya, atau bertambah hewan peliharaannya. - Strategi
Genre strategi menitikberatkan pada kemampuan pada kemampuan berpikir dan organisasi. Game strategi dibedakan menjadi dua, yaitu Turn Based Strategy dan Real Time Strategy. Jika real time strategi mengharuskan pemain membuat keputusan dan secara bersamaan pihak lawan juga beraksi hingga menimbulkan serangkaian kejadian dalam waktu yang sebenarnya, sedangkan turn based strategi pemain bergantian menjalankan taktiknya. Saat pemain mengambil langkah, pihak lawan menunggu. Demikian juga sebaliknya. - Balapan
Pemain dapat memilih kendaraan, lalu melaju di arena balap. Tujuannya yaitu mencapai garis finish tercepat. - Olahraga
Genre ini membawa olahraga ke dalam sebuah komputer atau konsol. Biasanya game play dibuat semirip mungkin dengan kondisi olahraga yang sebenarnya. - Puzzle
Genre puzzle menyajikan teka-teki, menyamakan warna bola, perhitungan matematika, menyusun balok, atau mengenal huruf dan gambar. - Permainan
Kata
Word game sering dirancang untuk menguji kemampuan dengan bahasa atau untuk mengeksplorasi sifat-sifatnya. Word Game umumnya digunakan sebagai sumber hiburan, tetapi telah dibuktikan untuk melayani suatu tujuan pendidikan juga.
Berdasarkan uraian
di atas dapat disimpulkan game
adalah suatu hasil dari proses multimedia berupa alat untuk bersenang-senang dan dapat digunakan sebagai media
untuk pembelajaran.
EDUKASI
Dalam kamus besar bahasa Inggris education berarti pendidikan,sedangkan menurut Sugihartono (2007) pendidikan berasal dari kata didik, atau mendidik yang berarti memelihara dan membentuk latihan. Sedangkan dalam kamus besar Bahasa Indonesia (1991) pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran yang didapat oleh setiap
manusia, dalam hal ini adalah
peserta
didik, tujuannya adalah
untuk membuat peserta didik itu paham, mengerti serta
mampu berpikir lebih kritis. Pendidikan dapat dirumuskan sebagai tuntunan pertumbuhan manusia sejak lahir hingga
tercapai
kedewasaan jasmani
dan
rohani, dalam interaksi alam dan lingkungan
masyarakatnya.
Pendidikan merupakan
proses yang terus menerus, tidak berhenti.
Pendidikan
dapat didapat secara
formal maupun non formal. Pendidikan
formal diperoleh dari suatu pembelajaran yang
terstruktur yang telah dirancang oleh suatu institusi. Sedangkan pendidikan non formal adalah pengetahuan yang didapat
manusia dalam kehidupan sehari-hari baik yang dialami atau yang dipelajari dari
orang lain.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa edukasi
adalah suatu usaha sadar dan secara terus menerus yang dilakukan pemerintah, keluarga, dan
masyarakat untuk tujuan
mengubah suatu individu menjadi berarah dan lebih baik,
dalam segala aspek kehidupannya.
GAME EDUKASI
- Action
- Adventure
- Construction and management simulation (CMSs)
- Life simulation
- Role playing
- Strategi
- Vehicle simulation
- Other notable genres
- I made by purpose
- Game interfaces
- Game platforms
http://www.google.com
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/44067/4/Chapter%20II.pdf
http://erepo.unud.ac.id/11088/3/fdc3ff95c99b500c41d531d6b9dd7976.pdf